Jumat, 30 Maret 2012

membuat antena parabola sendiri


CARA MEMBUAT ANTENA PARABOLA SENDIRI 
CARA MEMBUAT ANTENA PARABOLA
PROF.BOWO
 Merebaknya televisi swasta, sejalan globalisasi informasi,memanjakan masyarakat akan hiburan. Secara pelan, tapi pasti, TVswasta menjadi primadona. Parabola merupakan salah satuperangkat yang vital. Kali ini, kita akan membahas bagaimana caramerakit antena parabola dengan cara yang praktis, tanpa teori-teoriyang sukar dimengerti. Karena pada hakikatnya, teori semacam itujustru akan menghambat.Antena parabola bisa dirakit sendiri, dengan bahan utamanya kayuatau logam, terserah pada Anda, tergantung biaya yang ada.Biayanya murah, dan hasilnya hebat. Lumayan untuk menangkapsiaran luar negeri, dan stasiun televisi asing, sesuai selera. Mulaidari pagi hingga pagi berikutnya. Layaknya radio biasa, semuachannel televisi Anda bekerja secara cepat. Rangkaian antenaparabola ini memiliki diameter 3.5 meter.Hasilnya ? Anda bisa menangkap siaran televisi Malaysia danSingapura, dengan cara melacaknya, serta harus tepat betul.Pertama, kita coba ke Satelit Palapa, lalu arahkan, dan cari posisisatelit lainnya. Ini percobaan yang kedua. Bila garis tengah antena1.4 meter, bisa menangkap siaran televisi Malaysia, RTM 1, danTVRI Pusat Jakarta. Dengan diameter yang lebih besar lagi, makadaya tangkapnya pun akan lebih luas hingga bisa menangkap siaranTV dunia lainnya, selain RTM 1 Malaysia.Perakitan antena ini sangat irit biayanya bila kita gunakan kayusebagai rangkanya. Tentu saja, ada untung ruginya memakai kayu.Ruginya akan mudah rusak karena pengaruh cuaca. Dan lagi,kurang gagah apabila dibandingkan dengan bahan logam buatanpabrik. Walau kurang gagah, kalau membuatnya rapi, bisa nampakgagah, seperti produksi keluaran pabrik. Bahan-bahan yangdiperlukan dalam pembuatan antena parabola ini adalah :- 13 lembah papan atau aluminium- Dua lembar plat besi- Sisa potongan papan atau aluminium dipakai untuk penyangganya- Beberapa baut dan sekrup seperlunya, serta beberapa biji paku- Sediakan baut sebanyak 65 butir- Siapkan kawat kasa seperlunya, kawatnya dari aluminiumDengan material seperti di atas, sudah cukup memuaskanmenangkap siaran televisi tetangga, seperti yang disebutkan di
http://htmlimg2.scribdassets.com/67ekbyv9a8x4x35/images/1-2cca01ea82.jpg

muka. Ukuran-ukuran teknik, selain yang sudah dijelaskan, perluAnda perhatikan pula bahwa antena ukuran 8 kaki mampumenangkap siaran televisi Malaysia dan Thailand, serta Singapura.Ukuran 12 kaki bisa menangkap siaran televisi Republik RakyatCina.24 kaki mampu menerima siaran televisi dari seluruh dunia, melaluisatelit Telstar milik Amerika Serikat, yang khusus untuk siarankomersial. Bahan untuk membuat antena parabola bisa memakaibahan platina atau emas, fiber glass, kayu, logam, aluminium.Walaupun demikian, fungsinya tetap sama, yaitu menangkap siarantelevisi langsung dari satelit.Untuk memiliki kemampuan menerima siaran dari satelit, perlumemakai antena parabola, karena jenis antena parabola inimemiliki daya kekuatan sebesar, penguatannya tinggi, sekitar100.000 kali = gain 50 dB. Selain itu, dapat dipakai jenis antenalain, yaitu : Antena Pemantul Parabolik. Antena pemantul silinder,atau jenis antena torus parabolik, yaitu antena pemantul berbentuksilinder. Di Amerika Serikat, banyak dipergunakan orang denganbahan kayu, bukan logam.Sebab, orang Amerika Serikat memandang pembuatan antenaparabola dari bahan logam mahal harganya. Lebih murah daribahan kayu. Untuk mudahnya, Anda kami persilakan melihat padagambar 1. Keterangan gambar 1 :1. Dudukan antena2. Pipa penahan dudukan LNA3. Baut4. Baut untuk penahan 2 plat5. Plat bundar bagian atas6. Plat bundar bagian bawah7. Baut8. Kawat kasa9. Baut10. Jari-jari11. SekrupDengan memperhatikan rangkaian dasar, Anda sudah mahirmembuatnya sendiri, sebab gambar yang dicantumkan ini mudahsekali dimengerti dan dipahami.
Data
Pendukung
 Antena parabola dengan garis tengah lain bisa dibuat juga, yaitu1.8 meter dan 2.8 meter, atau 3.8 meter atau 4.8 meter, juga bisa9 meter, atau lebih. Sebab, semakin besar garis tengahnya, akansemakin peka daya penangkapannya, terutama penerimaangambar, bisa bekerja pada semua channel yang ada. Semakin besargaris tengah antena memberikan pengaruh pada daya kekuatanpenerimaannya, sebab daya gain dalam perhitungan dB lebih kuat.

Memang, lebih sulit untuk memberikan data mana yang baik.Antara ukuran antena yang satu dengan yang lainnya. Padaprinsipnya, antena satu dengan yang lain jelas berbeda, dalam halkualitas, di mana kualitas prima mampu memberi gain tinggi,biayanya cukup mahal. Dan sekaligus, memang sulit untukmenerangkan datanya dengan jelas, mana yang lebih baik, manayang tidak. Yang dapat kita lakukan adalah dengan melihat datanyasaja, dan melakukan uji coba pemeriksaan di segiperbandingannya. Untuk memperoleh hasil yang baik, sudah barangtentu percobaan berulang kali.
C
ara M
el
a
kuk
a
n

Pe
rhit
ung
a
n
 Pada gambar 2 diperlihatkan posisi LNA. Alat itu harus dipasangdengan perhitungan yang tepat. Perhatikan jarak fokus, di manajarak LNA diharuskan 100% tepat, kalau tidak tepat, janganberharap bisa memperoleh sinyal satelit sesuai kehendak kita. Olehkarena itu, perlu dilakukan perhitungan yang tepat. Apabila antenayang kita buat dengan diameter lebih besar, maka diperlukanadanya perhitungan yang memakai rumus :D = Diameter atau garis tengahd = Kedalaman lekuk antenanyaf = Titik fokus atau jarak fokusnyaApabila kita membuat antena parabola dengan ukuran 8 kaki, inisama dengan 224 centimeter diameternya. Maka, rumus patokantersebut bisa dipakai. Lihat contoh untuk antena parabola ukuran 8kaki : d = 33 cm, f = 97 cm. Angka tersebut bila hendak dibuat lainharus memperhatikan rumus yang ada. Sekarang, kita perhatikandengan cermat kode huruf dimaksud uraian di atas dan contohnya.


1 komentar:

  1. Bos klo bisa kasih foto parabola rakitannya skalian biar kita mudah untuk mencotoh ide anda ini..!!

    BalasHapus